Wisata Hutan Hujan Tropis Bukit Bangkirai, Balikpapan

posted on 30 Jan 2017 12:11 by ridhwanfirmansyah in liburan

Kota Balikpapan, Kalimantan Timur memang menyediakan wahana berlibur bagi keluarga maupun sendiri. Wahana liburan ini nampaknya tidak ada habisnya, mengingat Balikpapan adalah salah satu kota dengan luas wilayah yang besar. Oleh karenanya, tidak susah bagi pemerintah daerah membangun infrastruktur wisata sebagai pemuas dahaga warga lokal dan juga menarik wisatawan luar kota. Salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi adalah Bukit Bangkirai. Sebenarnya ini berupa hutan dimana Anda bisa berjalan-jalan menyusuri alam. Peta : https://goo.gl/maps/2TJAwBMVyZo 

Wahana Wisata Hutan Hujan Ala Dora The Explorer

Kalimantan, dan juga Balikpapan, dikenal sebagai daerah dengan sumber alam berupa hutan yang sangat banyak. Salah satu hutan tersebut berupa Bukit Bangkirai yang berupa hutan. Bukit Bangkirai ini dikelola oleh PT Inhutani I unit I Balikpapan. Mungkin ini adalah hutan milik Perhutani yang kemudian dibuka sebagai hutan wisata untuk menambah pemasukan. Untuk mencapai Bukit Bangkirai dari kota Balikpapan, Anda bisa menempuh perjalanan selama 1,5 jam menuju kabupaten Kutai Kertanegara. Lebih tepatnya di Kecamatan Samboja.

Memasuki kawasan hutan alam Bukit Bangkirai, Anda akan disuguhi suasana alami lengkap dengan naungan hutan hujan tropis. Ada beberapa hal yang bisa Anda nikmati selama berkunjung ke Bukit Bangkirai, diantaranya adalah:

  1. Canopy brigde

Salah satu hal menarik di hutan hujan tropis Bukit Bangkirai adalah, Anda bisa berjalan di canopy bridge yang panjangnya 64m. Jembatan gantung ini terbuat dari kombinasi kayu dan besi anti karat buatan Amerika. Jembatan gantung dibawah kanopi ini merupakan yang pertama di Indonesia. Selain itu, jembatan ini menghubungkan lima pohon besar di hutan Bukit Bingkirai. Kelima pohon yang dihubungkan memiliki tinggi hingga 30m. Jadi Anda bisa berjalan seperti bergelantungan diatas pohon diatas ketinggian 30m sambil melihat sekeliling hutan hujan. Jembatan gantung ini mulai dibuat pada tahun 1998 dan selesai dalam satu bulan. Sekedar informasi, keberadaan jembatan gantung hutan Bukit Bingkirai ini merupakan yang kedua di Asia, dan ke delapan di Dunia. Jadi Indonesia patut berbangga.

  1. Rumah lamin

Balikpapan memiliki budaya dan adat Dayak yang kental. Salah satu perwujudannya adalah dengan adanya rumah Lamin di hutan Bukit Bingkirai ini. Rumah Lamin ini memang sengaja disediakan sebagai sarana pertemuan bagi Anda yang ingin menyelenggarakan pertemuan dengan latar belakang suasana hutan alam. Seperti diketahui, rumah Lamin adalah rumah khas Dayak khususnya di Balikpapan. Rumah ini memiliki struktur yang besar. Panjangnya bisa mencapai 100m dengan tinggi sekitar 8m. Selain itu, rumah bertipe rumah panggung ini juga terbuat dari bahan yang unik. Dibuat dengan menggunakan kayu besi, kayu khas Kalimantan dimana jika terkena air, kayunya akan semakin keras. Makanya tahan lapuk.

  1. Satwa liar

Sebagaimana hutan hujan pada umumnya, terlebih lagi di Kalimantan, Anda akan menemui banyak satwa liar seperti owa, beruk, monyet ekor panjang, dan juga rusa. Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, hutan hujan Bukit Bingkirai adalah tempat yang sempurna untuk mengabadikan keindahan alam yang hampir bisa dieksplorasi tanpa batas.

Untuk kenyamanan Anda, jika datang dari luar kota, ada baiknya Anda menginap di sekitar Bukit Bingkirai yang memang disediakan untuk wisatawan. Selain itu, Anda bisa berjalan-jalan dengan menyewa mobil balikpapan melalui situs persewaan terpercaya. Disini Anda bisa mendapatkan harga terjangkau, mulai dari Rp 300.000-400.000 untuk 24jam pemakaian. Hal ini tentu akan lebih ekonomis dibandingkan jika Anda menggunakan kendaraan pribadi.

 

Kawasan wisata Bukit Bingkirai menawarkan keindahan hutan hujan alami yang dilengkapi dengan canopy bridge. Anda bisa berwisata dengan sewa mobil melalui docar.co.id.